Beranda > Berita Islam Nasional > MUI: Sumpah Pocong Tidak Dikenal dalam Islam

MUI: Sumpah Pocong Tidak Dikenal dalam Islam

Ululalbablampung.com — Sumpah pocong tidak dikenal dalam Islam. Sumpah model ini cenderung dipengaruhi oleh budaya suatu masyarakat. Sumpah pocong ditemui dalam tradisi masyarakat Jawa.

“Di Islam memang ada yang namanya sumpah atau qasam, tapi kalau sumpah pocong tidak ada,” ungkap Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ma’ruf Amin saat dihubungi okezone, Kamis (12/2/2009).Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi V DPR Ahmad Muqowam menyangkal telah menerima uang USD30.000 atas tender penjualan kapal patroli Departemen Perhubungan. Muqowam bahkan berani sumpah pocong dengan bantahannya itu.

Ma’ruf Amin menjelaskan dalam Islam dikenal sumpah biasa tidak ditambah-tambah dengan pocong. “Misalnya, Saya bersumpah dengan nama Allah tidak melakukan ini… atau Demi Allah saya tidak…”

Menurut dia, ketika seeorang bersumpah dengan nama Allah atau Wallahi, maka orang tersebut sudah mengikatkan diri dengan Allah. Bila apa yang disumpahkannya itu tidak benar, maka Allah akan melaknatnya. “Kalau sumpahnya bohong akan dilaknat Allah,” tandas Ma’ruf Amin.

Ketika ditanya bagaimana pendapatnya mengenai banyaknya pejabat terssandung skandal sedikit-sedikit bersumpah pocong, Ma’ruf Amin mengatakan tidak mengetahui banyak. “Saya tidak mengikutinya.”

Saat ditanya kembali apakah pantas seorang anggota DPR bersupah pocong untuk meyakinkan pihak lain? “Aduh soal itu saya tidak tahu,” jawab Ketua MUI. (okz/fani)

  1. 22 April 2009 pukul 10:38 am

    Bagi pembaca yang ingin thalabul ilmi tentang thibun nabawi silahkan daftar dalam Kuliyah Herba Sehari pada 21 Mei 2009, di wisma dahlia UNILA bandarlampung. terbuka untuk umum. kontribusi: hanya Rp125ribu dah termasuk : Snack, makan, sertifikat, lunch, makalah dll. BONUS gratis!! General chek up, cek gula darah, tensi dan iridologi. biaya dapat diangsur sejak sekarang (Dp tanda jadi Rp 50.000).
    Terbatas Untuk 50 Peserta, untuk pendaftaran dan info hubungi :

    Hidayat
    Cp. 0813 7995 9029

    atau datang ke Sekretariat Arabic Club masjid Al Mulk RSUAM
    jl.rivai 06 Bandar Lampung

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: