Beranda > Berita Dunia Islam > 180 Ribu Warga Inggris Diperiksa Terkait Undang-Undang Anti-terorisme

180 Ribu Warga Inggris Diperiksa Terkait Undang-Undang Anti-terorisme

Ululalbablampung.com — Dengan ditetapkannya undang-undang anti-terorisme di Inggris, kepolisian Inggris memberhentikan dan memeriksa 180 ribu orang yang sedang berada di perjalanan ataupun tidak, 255 orang diantara mereka ditangkap dengan tuduhan memiliki hubungan dengan para mujahidin. Pemeriksaan itu dilakukan karena pemerintah Inggris khawatir dan takut para mujahidin yang dituduh sebagai teroris akan beraksi di negaranya.

Kepolisian Inggris melakukan pemeriksaan itu setelah mendapat mandat dari pemerintah Inggris beberapa tahun lalu yang memberi kewenangan kepada pihak kepolisian untuk menumpas gerakan yang mereka anggap teroris setelah sebelumnya telah ditetapkan undang-undang anti-teroris nomer 44 tahun 2002, demikian yang dirilis oleh harian The Daily Mail, Rabu (11/2).

Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak kepolisian Inggris, selama jangka waktu 2001-2002 setelah ditetapkannya undang-undang anti-terorisme, sedikitnya 228 orang dipenjarakan atas tuduhan terlibat kasus terorisme. Sementara pada jangka waktu 2006-2007, pihak kepolisian hanya menangkap 28 orang atas tuduhan yang sama, ungkap harian itu sebagaimana dikutip oleh laman almokhtsar, Kamis (12/2).

Semakin gencarnya pemeriksaan terkait undang-undang anti-terorisme, berbagai kelompok dan lembaga HAM di Inggris merasa prihatin terhadap apa yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Menurut mereka, tindakan itu terlalu berlebih-lebihan.

Menurut salah seorang anggota HAM di Inggris, kewenangan polisi yang diberikan pemerintah Inggris terkait undang-undang anti-terorisme harus dibatasi supaya tidak menyalahgunakan kewenangan tersebut, dan untuk menghindari penargetan terhadap rakyat sipil yang tak berdosa, sebagaimana diberitakan oleh laman Arabonline. (alm/fani)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: