Beranda > Berita Islam Nasional > Jebakan Syirik Pengobatan Ponari

Jebakan Syirik Pengobatan Ponari

Beberapa hari terakhir ini publik Indonesia digegerkan dengan fenomena  Muhammad Ponari (10th).

Bocah asal JOmbang ini menarik kedatangan ribuan orang ke rumahnya untuk meminta pengobatan dengan “batu sakti” miliknya.

Hal ini sangat membahayakan aqidah umat Islam bila tidak berhati-hati karena bisa terjebak dalam kesyirikan atau penyekutuan terhadap Allah SWT.

“Saya imbau masyarakat berhati-hati. Sebab kemurnian akidah Islam bisa hilang karena percaya pada batu,” kata Ketua PD Muhammadiyah Jombang, dr Rahmat Hadi Santoso di kantornya, Kamis (5/2).

Menurut tokoh agama yang juga seorang dokter ini, penyembuhan yang dilakukan Ponari, tidak bisa dipertanggungjawabkan secara medis.

Pandangan serupa juga disampaikan Ketua Tanfidziyah NU Jombang, KH Ishrofil Amar. Saat ditemui di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Ustadz Ishrofil menyatakan kekhawatiran terhadap kemurnian akidah Islam, saat warga berobat ke Ponari.

“Allah berhak memberi obat lewat apa dan siapa saja. Tapi jangan sampai percaya, jika batu itu yang menyembuhkan. Sebab bisa syirik,” kata Ustadz Ishrofil yang juga berprofesi sebagai pengasuh pesantren dan dosen Unipdu Jombang. (rmd/dtk) (muslimdaily.net)

  1. 7 Februari 2009 pukul 5:15 pm

    Jika kita mengamati berbagai praktek pengobatan di indonesia, maka banyak sekali pengobatan alternatif yang menyerupai cara pengobatan Ponari. Bisa jadi hal itu ada di sekeliliong kita. Sebagaimana yang dilakukan oleh para dukun hitam atau dukun putih (dari kalangan yang mengaku ajengan, kyai,ustadz). Dukun hitam biasa memberikan berbagai azimat kepada pasiennya agar pasien terhalang dari berbagai bahaya (Tolak Bala). Dan hal itu ada pula di kalangan dukun putih. sedangkan dikalangan dukun putih istilah dukun putih di gantikan dengan dengan istilah-istilah Arab, misalnya Isim. Jika kita ingin meluruskan anak, teman, tetangga dan siapapun yang kita kenal, terlebih dahulu kita harus faham tentang apa yang dilakukan mereka, lalu diselaraskan dengan Al Qur’an dan As Sunnah. Maka baru kita akan tahu apakah apa yang dilakukan itu tergolong syirik atau tidak.

  2. 11 Februari 2009 pukul 11:58 pm

    Semoga lekas kembali bisa bermanfaat buat yang lain.
    Sapa se yang mau memanfaatkan anak kecil? karena kami miskin dan bodoh atau kami ngerti tapi miskin pol

    Saya mempunyai pendapat yang lain. Jaman ini sudah sedemikian mencekoki manusia dengan logika yang berdalih agama sesuai dengan logika. Ingat.. logika itu makanan otak, makanan hati diantaranya adalah mukjizat. Ingin rasanya keajaiban dari Ponari itu mengingatkan kita semua bahwa selain logika, ada hal lain yang tidak bisa dilogika, dan hanya hati yang bening yang dapat melihat kebenaran itu.
    Ponari

  3. kadiman
    18 Februari 2009 pukul 4:06 pm

    wuih….. ponari bisa bikin kepala pening tuch paramedis, dokter dan dunia kesehatan ilmiah. Masyarakat ternyata sudah tak percaya ‘sugesti’ dan mistik-nya obat dari dokter. Berobat ke dokter yang super mahal, jenuh ongkosnya. Karena sekali dokter ngomong konsultasi saja sudah butuh dana ribuan bahkan ratusan ribu rupiah. Belum beli resep, belum lagi obatnya. Mana tahan rakyat indonesia kalo terus-terusan gini.

    Kini, ada ponari yang tak perlu pasang tarif, cukup recehan ribuan saja bisa berobat. Daya tarik batu-nya ponari melebihi ilmu kedokteran, yang konon untuk meraih gelar dokter butuh biaya ratusan juta rupiah.

    Ponari, fenomena yang perlu direnungkan oleh para penguasa dan dunia medis indonesia. Jangan terlalu mahal pasang tarif, toh untuk kesehatan rakyat indonesia. Ponari, jangan dihentikan, perlu diteruskan… Ponari, sang pejuang untuk rakyat miskin indonesia…

  4. Yd.I
    1 Maret 2009 pukul 1:17 pm

    Syirik adalah dosa yang paling besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT. kecuali pelakunya benar-benar bertobat dan kembali kejalannya sebelum mati.
    Yang saya amati dari berbagai media ternyata sebagian besar pasien yang berobat kepada Dukun cilik Ponari berbuat dosa baik disengaja atau memang idak tahu yang jelas secara tidak langsung mereka telah menyekutukan Allah dengan percaya bahwa Ponarilah atau batu ajaib miliknya yang telah mengobati penyakit mereka.

    Saya pikir itulah salah satu penyebab banyaknya mushibah akhir-akhir ini di negeri kita.
    Naudzubillahi Min Dzalik.
    Semoga kita terhidar dari perbuatan Syirik, dan semoga logika umat Islam terbuka. Amin

    http://persatuanislam.wordpress.com

  5. 11 Oktober 2009 pukul 4:51 pm

    o Saya mau tanya sedikit lagi sama anda…… Boleeh??????

    Menurut anda PONARI dukun cilik dari jombang,

    Itu syirik nggak ???…
    Musyrik nggak ???…
    Karena semua orang yang datang minta obat atau minta sembuh percaya sama
    batu nya (PONARI)

    Kalau anda bilang syirik atau Musyrik???…Yang syrik dan musyrik itu siapa
    nya???..Ponari nya atau batu nya atau pasien nya???..

    kalau anda bilang ponari nya yang syirik??,,,,,kenapa dokter tidak??
    kalau anda bilang batu nya yang syirik??,,,,, kenapa pil dan suntik nya
    dokter tidak??
    kalau anda bilang pasien nya yang syirik??,,,,berarti seluruh orang yang ada
    di dunia,yang datang kedokter dan percaya sama obat nya dokter syirik dong.

    lho lho lho lho lho,,kok semua syirik,

    aaaaaaaaaaaaaaaaaammmmmmmmmpppppppuuuuuuuuunnnnnnnnnnnnn????????

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: