Beranda > Berita Dunia Islam > Menlu Inggris Kritik Kebijakan "Perang Teror" Bush

Menlu Inggris Kritik Kebijakan "Perang Teror" Bush

Ululalbablampung.com — Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris, David Miliband menegaskan, “perang melawan teroris” yang digagas mantan Presiden Amerika Serikat George W Bush, merupakan kampanye salah dan menyesatkan.

Pernyataan tersebut disampaikan untuk mengkritik salah satu kebijakan luar negeri mantan Presiden Amerika Serikat (AS), George W Bush. Melalui tulisan yang dimuat harian Guardian kemarin, Miliband menyatakan ungkapan “perang melawan teroris” memberikan pemikiran tentang musuh bersama yang tidak pernah ada.

Miliband juga mengkritik respons militer dalam beberapa situasi. Dia menganjurkan supaya para jenderal mengubah perintah agresifnya, di antaranya, “kill its way out of”. Tulisan Miliband tersebut merupakan ulasan komprehensif yang mengkritisi misi luar negeri pemerintahan Bush yang telah berakhir secara resmi pada Selasa (20/1).

Miliband menegaskan, semua negara jangan meninggalkan nilai-nilainya. Seperti kasus kamp tahanan militer AS di Guantanamo, Kuba. “Kita harus merespons aksi teroris melalui penegakan hukum, bukan mengesampingkan dari masyarakat.

Kita harus menjunjung tinggi komitmen untuk menghargai hak asasi manusia dan kebebasan sipil di dalam dan luar negeri. Itu merupakan pelajaran dari kasus Guantanamo dan itu alasan mengapa kita menyambut komitmen Presiden AS Barack Obama untuk menutupnya,” demikian yang ditulis Miliband. (okzn/fani)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: