Beranda > Berita Islam di Lampung > Kesejahteraan Guru 'Ngaji' Ditingkatkan

Kesejahteraan Guru 'Ngaji' Ditingkatkan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Guru ngaji masih dianggap profesi kelas dua sehingga membicarakan kesejahteraan mereka masih diangggap tabu.

Untuk itu, dibentuk Persatuan Guru Ngaji Indonesia (PGNI) yang didekalarasikan dan dilantik pengurusnya Minggu (19-10). PGNI akan berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan kesejahteraan guru ngaji.

Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah (DPD) PGNI Lampung A. Sihabuddin mengatakan PGNI bergerak dengan tiga tujuan, yaitu peningkatan SDM guru ngaji, peningkatan kesejahteraan guru ngaji, dan peningkatan sarana dan prasarana. Pembelajaran Alquran juga perlu ditunjang dengan peralatan yang memadai sehingga proses pembelajaran lebih maksimal.

Deklarasi PGNI yang dilangsungkan di Gedung PKK Kota Bandar Lampung, dihadiri Asisten III Propinsi Lampung Husodo Hadi dan Wali Kota Bandar Lampung Eddy Sutrisno. Deklarasi dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Provinsi Lampung dan DPD tingkat kabupaten/kota.

A. Sihabuddin ditetapkan sebagai ketua umum DPD PGNI Lampung dan Ketua Umum DPD PGNI Bandar Lampung dijabat Kherlani yang juga wakil wali kota Bandar Lampung. Deklarasi dan pelantikan PGNI makin meriah dengan kehadiran dai kondang Habib Alhabsyi.

Sihabuddin mengatakan peningkatan SDM guru ngaji dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan. Guru ngaji harus dibekali metode-metode penajaran Alquran terbaru yang lebih mudah dicerna dan lebih praktis. Selain iqra’, ada metode belajar Alquran lain seperti bedah otak.

Mengenai kesejahteraan guru ngaji, kata Sihabuddin, pengurus PGNI sedang berusaha agar anggaran untuk guru ngaji dapat dialokasikan dalam anggaran pendidikan 20 persen dalam APBD ataupun APBN.

“PGNI siap memberantas buta aksara Alquran. PGNI juga berupaya bersinergi dan menyukseskan program yang direncanakan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), pelajaran membaca Alquran dari tingkat SD hingga SMA,” kata Sihabuddin.

Selama ini kesejahteraan guru ngaji tidak merata. Guru ngaji yang mengajar di tempat tertentu, mendapat bayaran mahal. Namun, ada guru ngaji yang tidak menerima bayaran sama sekali. Para guru ngaji pun masih teresan tabu jika harus membicarakan kesejahteraan.

“PGNI akan menjadi lembaga yang memikirkan kesejahteraan para guru ngaji,” kata dia.

Pengurus PGNI, lanjut Sihabuddin, di tingkat kabupaten sudah selesai dibentuk. Tinggal pengurus tingkat kecamatan dan tingkat kelurahan. Selanjutnya akan dilakukan konsolidasi dan pembenahan struktur di setiap kebupaten.

“Di Bandar Lampung ada sekitar 3.000 guru ngaji di Bandar Lampung. Sedangkan data guru ngaji di setiap kabupaten belum diketahui,” kata dia. n */K-1 (PADLI RAMDAN)

  1. 22 April 2009 pukul 8:27 am

    asslm… salut dah ama PGNI yang beginian yang kita cari, jadi guru ngaji bukan lagi soal transfer ilmu ato nyampekan ilmu guru ngaji juga manusia ya gak? jadi kesejahteraan bukan perkara yang tabu tapi profesionalisme.
    afwan kalo ngelantur.
    wassalam

  2. 22 April 2009 pukul 8:36 am

    susulan… bagi pembaca yang ingin thalabul ilmi tentang thibun nabawi silahkan daftar dalam Kuliyah Herba Sehari pada 21 Mei 2009, di wisma dahlia UNILA bandarlampung. terbuka untuk umum. kontribusi: hanya Rp125ribu dah termasuk : Snack, makan, sertifikat, lunch, makalah dll. BONUS gratis!! General chek up, cek gula darah, tensi dan iridologi. biaya dapat diangsur sejak sekarang (Dp tanda jadi Rp 50.000).
    Terbatas Untuk 50 Peserta, untuk pendaftaran dan info hubungi :

    Hidayat
    Cp. 0813 7995 9029

    atau datang ke Sekretariat Arabic Club masjid Al Mulk RSUAM
    jl.rivai 06 Bandar Lampung

  3. 22 April 2009 pukul 8:47 am

    Jadikan Hp anda mesin pencetak uang yang halal!!
    dengan menjadi agen pulsa 1 chip all operator, anda dapat harga murah, dipake sendiri untung dijual apalagi!!!
    sejak sekarang alihkan belanja pulsa anda ke sistem isi pulsa sendiri. tidak ada kewajiban tutup point!! deposit terserah anda.
    caranya:
    ketik: Daftar spasi no.hp spasi nama spasi kota
    contoh : daftar 0813 7890 xxxx nana-cel Metro
    sms dikirim ke 0813 7995 9029
    setelah itu anda dapat balasan dari center tentang nomer id anda dan pin anda.
    Deposit silahkan transfer ke shar-E / kantor pos yang berlogo shar-e rekening 901 5050 599 an. Hidayatullah

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: