Beranda > Berita Dunia Islam > Nasabah Non-Muslim Membanjiri Bank-Bank Islam

Nasabah Non-Muslim Membanjiri Bank-Bank Islam

Beberapa sumber di Rusia ramai membicarakan perkembagan yang terjadi di bank-bank Islam. Kini bank-bank Islam dibanjiri oleh para nasabah. Tidak hanya dari kalangan kaum muslimin, tapi nasabah non muslim pun kini ikut membanjiri dan menyimpan uang mereka di bank-bank Islam, mereka merasa bank Islam terhindar dari krisis likuiditas yang sedang menekan bank dunia.

Harian R. K. Daily menyebutkan, Ada sejumlah alasan di balik keberhasilan bank Islam dalam menghindari kerugian akibat krisis global yaitu mengelola bank tersebut dengan sistem syari’ah yang mengharamkan riba dan tidak tergantung pada pinjaman bank.

Seorang pegawai bank Islam di Inggris, Stephen Amos, menguatkan akan terjadinya peningkatan nasabah yang cukup signifikan di bank-bank Islam. Menurutnya, akhir-akhir ini terjadi peningkatan jumlah nasabah, tidak hanya dari kaum muslimin tapi juga dari kalangan non muslim.

Seorang pakar ekonomi dari Bangladesh, Azizul Haq, mengatakan, “Bank-bank Islam dapat menyelamatkan dunia untuk menemukan solusi yang sangat efektif dalam menghadapi masalah keuangan.”

Menurut seorang pejabat National Bank Abu Dhabi, Gias Goknt, “Bank Islam yang bergantung pada deposito individu dan lembaga membuat mereka kebal dari krisis keuangan, sekalipun pada awal tahun 2008 bank Islam mengalami perlambatan dalam laju laba pertumbuhan bank Islam. Akan tetapi, hal itu tidak cukup serius dan tidak membahayakan mereka. Bahkan, sektor perbankkan Islam tumbuh cepat. Tingkat pertumbuhannya di seluruh dunia capai 15%, sedangkan pertumbuhannya di negara-negara dari Organisasi Konferensi Islam capai 20%.

Pada saat ini, sedikitnya 300 bank Islam telah menyebar di dunia dan diperkirakan asetnya telah mencapat $700 milyar. Para ahli ekonom memperkirakan bahwa pada tahun 2013, aset bank Islam akan mencapai triliuanan dolar, (Ism/fani). (alislamu.com)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: