Beranda > Berita Alumni > Bangga Menjadi Keluarga Besar Ulul Albab

Bangga Menjadi Keluarga Besar Ulul Albab

Kebahagiaan sejati itu tidaklah diukur dari banyaknya uang atau harta dunia. Buka pula oleh keluarga yang banyak, juga bukan pula oleh berbagai fasilitas gemerlap dunia yang jika kita tidak pandai-pandai menyikapinya, justru akan menjadi bumerang yang akan mencelakakan dirinya.

Kebahagiaan itu terletak dihati. Tatkala hati menjadi tenang, puas dengan apa yang ada pada dirinya saat ini. Nyaman berada diantara teman-teman dan keluarga besar yang bersikap saling peduli. Tatkala yang satu melakukan kesalahan, maka yang lain bertindak sebagai penasehat, dan yang dinasehati pun bisa menerima dengan lapang dada tanpa ada perasaan tersinggung.

Ketika menghadapi masalah bersama yang rumit, semua sang bahu membahu berusaha meecahkan solusi untuk keberhasilan bersama.

Suasana inilah yang kini terasa. Pondok Pesantren Islam Ulul Albab, sebuah pondok yang tidak besar, tapi mempunyai sebuah obsesi untuk menjadi besar, tempat berkumpulnya jiwa-jiwa manusia yang menautkan jiwa dan raganya hanya untuk mencari ridha Allah subhanahu wata’ala.

Sepuluh tahun yang lalu, ketika keluarga pondok pesantren yang jika dihitung dengan jari yang ada di kedua tangan kita pun tak habis jumlahnya. Begitulah adanya. Namanya juga perjuangan. Tidak dikatakan perjuangan jika tidak menemui kendala. Kurang “menantang” dan berkesan, begitu istilahnya. Kini, ratusan santri yang telah berhasil dididik dan dibekali ilmu Dien, dengan harapan mereka bisa menjadi setitik air pelepas dahaga, secercah cahaya diantara merebaknya kegelapan dunia fana.

Mereka berkiprah dimana-mana. Dari sabang sampai … (merauke, ada nggak ya?). Berkecimpung dalam berbagai lini kehidupan. Sebagai salah seorang pendidik di sana, walau perannya sangat kecil, tapi saya bangga melihat keberhasilan mereka untuk berbaur ke masyarakat.

Teringat saya dengan salah satu sabda Rasulullah, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.”

Beberapa alumni Ulu Albab hari ini ada yang menggeluti dunia penerbitan buku. Alhamdulillah. Kabar terbaru, salah seorang alumni yang hari ini ada di Jakarta, menurut informasi yang kami terima, sedang terlibat dalam Proyek Penerjemahan “Kutubus Sittah” yang nantinya akan diterbitkan dalam CD. Kabar terbaru lagi, ada diantara mereka yang juga sedang tergabung dalam tim penerjemahan film-film beebahasa Arab.

Semoga peran apapun yang antum semua lalukan, akan membawa maslahat bagi ummat manusia. Amin.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: