Beranda > Berita Dunia Islam > Tujuh Warga Serbia Didakwa Genosida 1000 Muslim Bosnia

Tujuh Warga Serbia Didakwa Genosida 1000 Muslim Bosnia

31 Juli 2008

Tujuh warga Serbia Bosnia dipenjarakan atas dakwaan genosida berkaitan dengan pembantaian 1,000 muslim Bosnia (Bosniak) di Srebrenica pada 1995. Setelah dua tahun persidangan, mahkamah kejahatan perang Bosnia di Sarajevo menyatakan, ketujuh orang tersebut ikut mendukung pembunuhan sistematis atas lebih dari 1,000 warga Bosniak dalam satu hari. Sekitar 8,000 lelaki dewasa dan bocah laki-laki dibantai dalam satu pekan di Srebrenica.

Putusan ini diumumkan beberapa hari setelah pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic, yang juga dituduh genosida di Srebrenica. Sidang Pengadilan di Sarajevo merupakan yang pertama digelar di Bosnia berkaitan berbagai kejahatan di Srebrenica, dan juga pertama untuk dakwaan genosida. Sidang sebelumnya digelar di Den Haag.

‘Pemusnahan selamanya’

Pada awalnya 11 orang didakwa dengan tuduhan genosida dalam kasus ini. Mereka semua perwira polisi atau tentara di jajaran rezim Serbia Bosnia pada masa perang.
Empat orang dibebaskan, dan tujuh lain diganjar hukuman antara 38 hingga 42 tahun. “Para terdakwa tahu bahwa membunuh para pria Muslim Bosnia, mereka ikut serta dalam pemusanahan selamanya warga muslim Bosnia dari Srebrenica,” kata hakim Hilmo Vucinic.

“Mereka secara sadar membunuh ratusan muslim Bosnia dengan tujuan untuk selamanya menyingkirkan Muslim Bosnia dari Srebrenica,” katanya. Kelompok tujuh orang itu ikut serta untuk memisahkan lebih dari 1,000 pria Bosniak dari keluarga. Para pria Bosnia itu kemudian disekap di sebuah gudang koperasi pertanian di desa Kravica, sebelum semua dibantai dalam satu hari.

Pembantian itu bagian dari kampanye pembantaian selama satu pekan oleh pasukan Serbia Bosnia, yang merebut kantong Srebrenica yang dilindungi oleh PBB. Lima mantan opsir Serbia Bosnia dipenjarakan oleh mahkamah kejahatan perang internasioanl di Den Haag atas kekejian Srebrenica, sedangkan beberapa tersangka lain masih menunggu persidangan kasus mereka. Pengadilan Serbia juga memenjarakan empat mantan anggota paramilitary atas peran mereka dalam pembantaian Srebrenica.
(muslimdaily.net)

%d blogger menyukai ini: