Generasi Ulul Albab

Orang yang pintar atau berpengetahuan adalah orang-orang yang: (1) Bisa melihat alam dan berbagai fenomenanya untuk bekal kehidupannya. Dengannya ia mampu berfikir dan berdzikir untuk mengagungkan Allah, (2) Orang yang hatinya senantiasa diisi dengan hal-hal yang mampu membuat ia takut kepada Allah, (3) Orang yang lidahnya senantiasa basah dengan Istighfar kepada Allah, dan (5) Orang yang mempunyai prinsip bahwa dunia ini adalah fana atau sementara dan pasti akan hancur adanya.

Itulah inti dari pemaparan inti pemaparan oleh Dr. Ahmad Zain An-Najah, MA saat mengisi acara Khutbah Taaruf di Pondok Pesantren Islam Ulul Albab, Desa Banjaragung, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan, hari ini (20/07).

Lebih jauh beliau memaparkan, bahwa ciri utama generasi Ulul Albab adalah generasi yang senantiasa mengingat Allah dalam setiap keadaan dan kesempatan dan dalam segala aktivitas.

Berkaca pada pola pendidikan yang ada sekarang ini yang cenderung hanya mengisi kemampuan berfikir otak semata. Mereka tidak dibekali dengan ilmu yang mampu menghantarkan mereka untuk takut kepada Allah, hingga pada akhirnya bisa kita lihat hari ini adanya generasi yang jauh dari nilai-nilai akhlaqul karimah.

Selanjutnya, beliau berpesan kepada para santri Ponpes Islam Ulul Albab, hendaknya santri juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, jangan menjadi generasi yang gaptek (gagap teknologi) atau kuper. Santri juga harus bisa menulis, misalnya menulis opini, menulis makalah, menulis buku, dan lain-lain.

Secara umum, acara Khutbah Taaruf yang digelar cukup sukses. Jumlah hadirin yang hadir melampaui prediksi panitia. Tapi, untunglah dengan segala keterbatasan yang ada, panitia dapat mengantisipasinya.

Acara diselingi dengan tampilan tahfidz anak-anak SDIT Ulul Albab. Mereka tampil di panggung membawakan hafalan Surah An Naba dan An Naziat. Juga diselingi dengan pemutaran video profil Ponpes Islam Ulul Albab.

Semoga santri-santri Ponpes Islam Ulul Albab bisa menjadi generasi yang “Ulul Albab”. Semoga.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: