Beranda > Berita Dunia Islam > Jumlah Tentara AS di Irak Akan Dikurangi

Jumlah Tentara AS di Irak Akan Dikurangi

Tentara ASUlulalbablampung.com – Amerika Serikat secara signifikanakan mengurangi jumlah personil militernya di Irak pada tahun depan, siapa pun yang akan menjadi presiden nanti yang akan terpilih pada November mendatang, demikian harian USA Today melaporkan pada Senin (7/7).


Mengutip keterangan dan pernyataan para pengamat dan ahli serta pejabat militer baru-baru ini, harian tersebut mengatakan bahwa para petinggi Pentagon sangat berhati-hati dalam memprediksi rencana penarikan sejumlah personil militer AS.

“Saya berpendapat, momentum yang kita miliki saat ini tidaklah atau belumlah tepat,” kata Jack Keane seorang purnawirawan wakil kepala staff Angkatan Bersenjata AS yang ikut menangani strategi militer di Irak yang disetujui oleh Presiden George W. Bush pada Januari 2007.

“Akan terjadi pengurangan jumlah personil militer pada tahun 2009, siapapun yang akan menjadi presiden Amerika (Serikat),” kata Keane seperti yang dikutip oleh surat kabar USA Today.

Baru-baru ini, Letnan Jendral Angkatan Darat, Lloyd Austin (pejabat tinggi kedua dari pasukan militer ASD di Irak) mengatakan “Perkembangan dan kemajuan yang kami capai sangatlah rapuh, dan kami tetap melanjutkan bekerja untuk membawa hasil yang nyata dan meyakinkan.”

Sementara itu, aksi kekerasan terus meningkat di Afghanistan. Peristiwa tersebut menambah tekanan untuk memindahkan sebagian jumlah tentara AS dari Irak ke Afghnanistan, demikian dikatakan oleh harian USA Today.

Kepala staff Angkatan Bersenjata Laksamanan, Michael Mullen, mengatakan, “Pihaknya menginginkan untuk mengirim lebih banyak lagi jumlah pasukan AS ke Afghanistan. Namun, ia tak mau mengorbankan apa yang telah dicapai di Irak dengan memindahkan sebagian dari pasukan AS di Irak ke Afghanistan dalam waktu dekat, ” menurut USA Today.

Sebanyak empat dari lima brigade pasukan yang dikirim ke Irak tahun lalu telah meninggalkan Irak dan
unit satuan yang terakhir akan segera meninggalkan negri itu pada bulan ini.

Bahkan setelah lima brigade pasukan tempur meninggalkan Irak, sekitar 14 ribu personil militer AS bersiap-siap meninggalkan negeri yang masih belum stabil itu pada bulan ini, demikian laporan surat kabar AS itu, demikian diwartakan AFP. (ant/fani)


  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: